Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Posted on

Laptop merupakan perangkat yang sering digunakan untuk bekerja. Ini dilengkapi dengan beragam aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan tersebut.

Akan tetapi, tidak semua jenis aplikasi yang ada di laptop itu diperlukan. Terdapat beberapa aplikasi bawaan yang benar-benar sama sekali tidak digunakan.

Hal yang harus dilakukan adalah uninstall aplikasi tersebut.

Kenapa harus uninstall aplikasi?

Ini dilakukan untuk mengantisipasi keterbatasan ruang penyimpanan. Alasannya, tidak semua laptop memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan data.

Terlebih lagi, banyaknya aplikasi yang sudah diinstall membuat kinerja laptop menjadi tidak stabil dan melambat.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk uninstall aplikasi di laptop? Berikut adalah langkah-langkah dari WHO.OR.ID yang dapat diikuti.

#1 Buka Windows Setting atau Control Panel

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk uninstall aplikasi di laptop adalah membuka pengaturan windows atau “windows setting”.

Caranya mudah saja.  Klik di bagian pojok kiri paling bawah atau lambang windows dan temukan lambang pengaturan. Jika Anda tidak bisa menemukannya, ketik di kolom pencarian tersebut dengan tulisan “control panel”.

Setelah muncul tampilan seperti gambar di atas, cobalah klik pilihan “apps” untuk melanjutkan.

#2 App & Features

Setelah Anda memilih opsi “Apps” pada windows setting, maka akan muncullah tampilan seperti gambar di atas. Cek opsinya satu per satu, lalu klik “programs and features”.

#3 Uninstall Program yang Dianggap Tidak Penting

Setelah itu, muncullah tampilan seperti gambar di atas. Tab tersebut berisi seluruh program yang terinstall di laptop. Mulai dari program bawaan laptop hingga program tambahan.

Sebelum melakukan uninstall aplikasi, cek satu persatu manakah program yang akan diuninstall.

Klik kanan pada aplikasi yang akan diuninstall. Setelah itu akan muncul pilihan “uninstall”. Pilihlah opsi tersebut untuk melanjutkan.

Tunggu beberapa saat setelah itu. Biasanya akan muncul pesan di layar laptop Anda untuk melakukan restart. Jangan lupa klik “yes” untuk melanjutkan.

Laptop akan mati lalu menyala kembali dan Anda akan menemukan aplikasi yang diuninstall sudah tidak lagi muncul pada tampilan desktop Anda.

Anda tidak perlu khawatir apabila cara ini tidak berhasil jika pilihan restart tidak muncul dalam proses uninstall.

Beberapa tipe aplikasi bahkan secara otomatis terhapus tanpa mematikan dan menyalakan laptop kembali.

Anda hanya perlu melakukan pengecekan ulang apakah aplikasi tersebut sudah benar-benar terhapus atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *