Tempat Wisata Sukabumi

Posted on

Destinasi wisata menarik di Jawa Barat bukan hanya Bandung, Cirebon dan Bogor saja. Sukabumi juga memiliki pesona yang tiada duanya. Ada banyak tempat plesiran menarik yang bisa melepas penatmu dan menyegarkan pikiranmu. Kamu bisa mengajak teman-teman atau keluargamu turut serta. Akan ada banyak kenangan manis yang bisa kamu buat bersama mereka di Sukabumi.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, lanjut baca.

1. SantaSea Waterpark Sukabumi

SantaSea Waterpark Sukabumi
SantaSea Waterpark Sukabumi
LokasiJl. Lio Santa, Gedongpanjang, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSenin-Minggu, 09.00-16.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Senin-Jumat: Rp40.000,00. Sabtu-Minggu: Rp60.000,00.
Telepon0816-4690-4941.
Rating ulasan4,2 dari 2.997 ulasan Google.
Fasilitas wisataNiagara Fall, kapal The Black Ship, kolam ombak, perosotan panjang, kantin, kamar mandi, dsb.

Liburan tidak lengkap rasanya jika tidak bermain air. Apalagi, kalau kamu mengajak anak di dalam liburanmu! Nah, SantaSea Waterpark Sukabumi bisa menjadi wisata air yang akan membuatmu bahagia. 

SantaSea Waterpark adalah sebuah taman hiburan dengan tema bajak laut. Saat masuk, kamu akan disambut dengan sebuah kolam dengan patung bajak laut. Selanjutnya, petualangan menantimu lewat wahana perosotan tinggi dan kapal The Black Ship.

SantaSea Waterpark tidak hanya spesial karena ia merupakan wahana air tematik. Sumber air pada kolam-kolam renangnya berasal dari air panas. Jadi, tidak hanya bermain saja. Kamu juga dapat merasakan enaknya berendam di dalam air hangat dari mata air alami.

SantaSea Waterpark hanya berjarak sekitar 4,7 km dari pusat kabupaten Sukabumi. Sungguh sebuah destinasi wisata yang mudah dijangkau dan akan disukai oleh anak-anak.

2. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung
Curug Cimarinjung
LokasiCiemas, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp5.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,2 dari 2.997 ulasan Google.
Fasilitas wisataCurug dan jembatan.

Curug Cimarinjung terletak di dalam kawasan wisata Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) atau Geopark Ciletuh. Tingginya 60 meter. Udara di sana begitu sejuk, bercampur dengan percik-percik air curug yang menimpa berbatuan di dasarnya.

Di dekatnya, terdapat sebuah jembatan yang biasa dijadikan sebagai tempat untuk melihat keindahan air terjun. Terkadang, beberapa wisatawan juga berswafoto di sana. Latar belakang air terjun tinggi menambah keindahan foto wisatawan.

Tidak seperti destinasi wisata yang dibahas sebelumnya, letak Curug Cimarinjung agak tersembunyi. Dari pusat kabupaten Sukabumi, kamu harus menempuh jarak sekitar 88 km. Namun, meskipun jauh, destinasi ini layak dikunjungi. Apalagi, ia terletak tak jauh dari Pantai Palangpang.

Panorama dari destinasi wisata ini sangat menawan. Curug Cimarinjung dikelilingi oleh hutan-hutan dan sawah yang hijau. Begitu asri suasana yang kamu rasakan saat berada di sana.

3. Situ Gunung Suspension Bridge

Situ Gunung Suspension Bridge
Situ Gunung Suspension Bridge
LokasiJl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi Regency, Jawa Barat.
Jam BukaSenin-Minggu, 09.00-16.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp50.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,7 dari 4.745 ulasan Google.
Fasilitas wisataGratis masuk Curug Sawer, welcome drink, camping ground, toilet bersih.

Jembatan Situ Gunung merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Panjangnya mencapai 248 meter. Sementara itu, tingginya mencapai 18 meter dari tanah. Konon dengan panjang mencapai 248 meter, Situ Gunung Suspension Bridge menjadi jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara. Wow, awesome.

Coba kamu berada di atas jembatan Situ Gunung, ada sensasi tersendiri pada saat berjalan di atas jembatan gantung ini. Udara dingin menerpa dan sesekali menggoyang jembatan, sedikit menantang adrenalin para pengunjung.

Bagi kamu yang cemas akan keamanan, tidak perlu khawatir. Pihak pengelola membuat serangkaian aturan agar pengunjung tetap aman. Contohnya, harus mengikuti instruksi penjaga dan jembatan tidak boleh dinaiki lebih dari 40 orang. Selain itu, sisi kiri dan kanan jembatan juga dilindungi oleh jaring-jaring yang tinggi.

Tidak hanya jembatan gantung, di kawasan wisata Situ Gunung juga terdapat area camping, namanya Situgunung camping ground. Wisatawan yang pernah camping di sana, menobatkan Situ Gunung Camping Ground sebagai salah satu tempat camping terbaik di Sukabumi.

Julukan tersebut tidak mengada-ada. Karena fasilitas campingnya lengkap, lokasinya strategis dan area camping groundnya nyaman. Area camping ground Situ Gunung berdiri di atas rerumputan datar yang rapi. Jadi, kami bisa dengan mudah mendirikan tenda di atasnya.

Untuk bisa menyewa camping ground, kamu dapat membayar Rp35.000,00. Selain bisa mendirikan tenda, kamu juga mendapatkan fasilitas toilet bersih.

Catatan: Jarak Situ Gunung dari pusat kabupaten Sukabumi adalah 16 km. Tidak terlalu jauh dan dapat dijangkau dengan mobil sekitar 35 menit perjalanan.

4. Ryzzy Azzahra Waterpark

Ryzzy Azzahra Waterpark
Ryzzy Azzahra Waterpark
LokasiJl. Selabintana No.KM, RW.5, Warnasari, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi.
Jam BukaSenin-Kamis, 09.00-16.00 WIB. Jumat, 13.00-17.00 WIB. Sabtu-Minggu, 09.00-17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk (HTM)Senin-Jumat: Rp17.500. Sabtu-Minggu dan hari libur: Rp20.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,2 dari 2.223 ulasan Google.
Fasilitas wisataBerbagai macam perosotan, ember tumpah raksasa, kolam gurita, shocking adrenaline, taman,dan  kamar mandi.

Ryzzy Azzahra Waterpark merupakan sebuah wahana wisata air untuk keluarga. Anak-anak sangat senang bermain di sini karena banyaknya pilihan atraksi yang ditawarkan.

Ada banyak jenis wahana air yang ditawarkan, seperti:

  • Shocking adrenaline.
  • Long slide.
  • Circular slide.
  • Adrenaline slide.
  • Kolamgurita.
  • Embertumpah.

Dengan sekali membayar tiket, kamu sudah bisa menikmati banyak wahana di dalamnya. Namun, untuk menikmati wahana kolam ombak, kamu harus membayar lagi sebesar Rp15.000,00.

Selain wahana dengan konsep yang menarik, tatanan arsitektur wahana ini juga sangat rapi dan menarik. Kamu bisa duduk-duduk untuk beristirahat di antara taman, menikmati pemandangan kapal tiruan. Dekorasi-dekorasi khas laut di Ryzzy Azzahra Waterpark membuatmu merasa seperti berada di Atlantis. Di dalamnya, kamu juga dapat menemukan beberapa tenant makanan.

Untuk menjangkau taman air ini, kamu hanya perlu menempuh jarak 5,3 km saja atau sekitar 11 menit perjalanan darat.

5. Ujung Genteng Beach

Ujung Genteng Beach
Ujung Genteng Beach
LokasiDesa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp10.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,6  dari 254 ulasan Google.
Fasilitas wisataArea parkir, musala, warung, toilet, rumah makan, penginapan.

Menginginkan wisata air yang alami? Berkunjunglah ke Ujung Genteng Beach. Pantai yang terletak di pesisir Sukabumi ini langsung berbatasan dengan samudra lepas. Untuk itu, kamu harus sedikit berhati-hati saat berenang di sini. Ombaknya memang tidak semengerikan pantai selatan pada umumnya. Namun, ombak samudra lepas kerap kali tidak dapat ditebak.

Pantai Ujung Genteng memang tidak setenar Pantai Anyer atau Pangandaran. Itulah alasan mengapa ia dijuluki sebagai surga yang tersembunyi. Selain itu, pantai ini juga dihiasi oleh pasir-pasir putih yang bersih nan cemerlang.

Karena tidak banyak aktivitas penangkapan ikan, pantai ini pun cukup sepi dan bersih. Udaranya segar, air lautnya berwarna biru cemerlang. Jika kamu menginginkan relaksasi akhir minggu ditemani sinar mata hari dan debur ombak, inilah tempat yang tepat.

Terletak di pesisir, pantai ini berjarak cukup jauh dari pusat kabupaten Sukabumi, yakni 109 km.

6. National Geopark Ciletuh

National Geopark Ciletuh
National Geopark Ciletuh
LokasiCiwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Rp3.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,5 dari 1.915 ulasan Google.
Fasilitas wisataCurug-curug, puncak, pantai, dsb.

National Geopark Ciletuh adalah sebuah kawasan yang terdiri atas banyak tempat wisata. Salah satunya, Curug Cimarinjung. Nah, kawasan ini letaknya tidak terlalu jauh dari kota-kota satelit di Jakarta. Dari Depok, misalnya, jaraknya sekitar 154 km. Dari Bogor, jaraknya sekitar 133 km. Sementara itu, jarak pusat Sukabumi ke National Geopark Ciletuh adalah 90,1 km melalui Jalan Nasional III.

Tidak ada kata bosan saat menjelajah National Geopark Ciletuh. Dari gunung sampai pantai, semua ada di sana. Apabila kamu ingin memandangi indahnya pegunungan dan merasakan sejuk anginnya, kamu bisa pergi ke Puncak Darma. Dari sana, kamu dapat bertolak ke Curug Dog Dog. Jaraknya hanya 1,5 km dari Puncak Darma.

Curug Dogdog terkenal akan susunan batu-batuannya yang cantik. Kamu bisa naik ke sana. Namun, kamu harus sangat berhati-hati. Karena terkena air, tentu saja susunan batu-batuan tersebut licin dan pengunjung rentan terjatuh.

Setelah berkunjung menikmati segarnya Curug Dogdog, kamu dapat bertolak ke beberapa tempat wisata lain. Misalnya, seperti Puncak Aher di mana kamu bisa melihat keindahan Pantai Ujung Genteng dari atas. Jika kamu ingin menikmati suasana malam di sana, kamu dapat menginap di Vanada Bugeul. Konsep penginapan ini adalah cottage modern yang berbentuk seperti tenda.

Kendati National Geopark Ciletuh terletak jauh dari perkotaan, kamu tak perlu khawatir. Selain ada begitu banyak tempat wisata yang membuatmu tidak jenuh, banyak pula warung-warung makan. Jadi, jika kamu merasa lapar, kamu hanya perlu membeli makan di warung terdekat. Tempat-tempat wisatanya pun cenderung ramai, terlebih pada akhir minggu.

7. Pondok Halimun

Pondok Halimun
Pondok Halimun
LokasiSudajaya Girang, Kec. Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga Tiket Masuk (HTM)Pejalan kaki: Rp3.000,00 per orang. Sepeda motor: Rp5.000,00. Minibus: Rp30.000,00. Bus: Rp135.000,00. Tiket camping: Rp60.000,00. Sewa tenda peloton: Rp750.000,00-Rp1.500.000,00. Paket api unggun: Rp100.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,5 dari 365 ulasan Google.
Fasilitas wisataTenda, tempat makan, sungai, area berkemah, toko oleh-oleh.

Sesuai dengan namanya, kegiatan utama yang dilakukan oleh para wisatawan saat berkunjung ke Pondok Halimun adalah beristirahat. Namun, bukan istirahat biasa tentunya. Pondok Halimun sejatinya merupakan sebuah camping area. Sehingga, banyak wisatawan yang menjadikan obyek wisata Pondok Halimun sebagai tempat menginap hingga camping ceria.

Jika kamu tertarik untuk ke Pondok Halimun, dari kota Sukabumi, letaknya tidak terlalu jauh, lho. Hanya sekitar 12 km atau 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Jalanan di sekitar Pondok Halimun sangat rindang. Deretan pepohonan seolah mengantarkan kamu menuju ke pintu gerbang Pondok Halimun. Kemudian, kamu akan disambut dengan sungai dengan aliran yang tidak terlalu deras.

Untuk berkemah di sana, kamu dapat membawa tenda sendiri. Namun, kamu juga bisa menyewa tenda ke pengelola. Nah, jika kamu menginginkan hiburan yang hangat di malam hari, kamu juga dapat menyewa api unggun.

Pondok Halimun menyediakan kamar mandi bersih, area makan, dan toko oleh-oleh khas Sukabumi. Jadi, sebelum pulang, kamu bisa membeli beberapa cendera mata dan makanan khas untuk dibawa pulang. Yang jelas, berkemah di Pondok Halimun menyenangkan, aman, dan cocok untuk pemula.

Sebagai kabupaten terluas kedua di pulau Jawa setelah Banyuwangi, tentu ada banyak opsi wisata memuaskan di Sukabumi. Kini, kamu sudah tahu tujuh tempat wisata terbaik dan terpopuler di Sukabumi. Mana yang paling menarik buatmu? Jangan lupa untuk mempersiapkan baju hangat sebelum bepergian, ya. Karena, udara di kabupaten ini cukup dingin, terlebih jika kamu pergi ke bagian dataran yang lebih tinggi. Sebagai kabupaten terluas kedua di pulau Jawa setelah Banyuwangi, tentu ada banyak opsi wisata memuaskan di Sukabumi. Kini, kamu sudah tahu tujuh tempat wisata terbaik dan terpopuler di Sukabumi. Mana yang paling menarik buatmu? Jangan lupa untuk mempersiapkan baju hangat sebelum bepergian, ya. Karena, udara di kabupaten ini cukup dingin, terlebih jika kamu pergi ke bagian dataran yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *