7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Rembang

Posted on

Memiliki daerah yang luas, Rembang adalah kawasan yang strategis dalam destinasi wisata. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner, dan wisata lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri. Wisata alam di Rembang juga banyak diburu oleh orang-orang untuk dikunjungi.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa referensi wisata alam yang ada di Rembang. Sehingga kamu bisa menjelajahi wisata-wisata ini untuk berlibur atau hanya sekedar menikmati pemandangannya saja. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Rembang.

1. Air Terjun Pasucen

(kredit gambar: instagram.com/opi_kapalapii/).
LokasiPasucen, Gunem, Pasucen, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Rembang49 menit (29,9 km) lewat Jl. Nasional Blora – Rembang.
Fasilitas wisataSpot foto yang menarik, dan pemandangan asri.

Sebelumnya wisata ini kurang dikenal oleh wisatawan, namun beberapa tahun lalu Air Terjun Pasucen sempat viral di media sosial. Baru setelah itu, wisata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar.

Social Media Effect adalah gambaran istilah yang tepat untuk Air Terjun Pasucen. Tersembunyi di dalam hutan Desa Pasucen, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Dengan air terjun yang cantik berhasil membuat masyarakat tertarik untuk mengunjunginya. Wisatawan yang berkunjung pun kian bertambah dari tahun ke tahun, hal ini karena tersebarnya foto-foto air terjun yang memukau.

Antusiasme dari wisatawan terjadi karena memang di Rembang jarang ditemukannya air terjun. Meskipun rute yang ditempuh akan sulit, namun itu bukan halangan untuk bisa melihat pemandangan air terjun. Dengan tinggi 25 meter, airnya berwarna kehijauan tentu membuat wisatawan semakin betah.

Untuk akses yang lebih mudah, kamu bisa mengambil jalur dari Sulang ke Gunem. Dari Kecamatan Gunem, kamu bisa menuju langsung ke Desa Pasucen. Di sana para wisatawan akan dengan mudah menemukan Air Terjun Pasucen.

2. Wana Wisata Sumber Semen

(kredit gambar: instagram.com/ardiantrisetia_/).
LokasiSawah, Gading, Sale, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500/orang (weekdays) dan Rp9.500/orang (weekend).
Rute menuju tempat wisata dari kota Rembangjam 18 menit (44,7 km) lewat Jl. Pamotan dan Jl. Provinsi Lasem – Sale.
Fasilitas wisataGoa, kolam renang, tempat bilas, spot foto, warung, gazebo, dan mushola.

Di wisata alam ini, kamu bisa menikmati hutan dengan sumber mata air yang penuh kesejukan. Pengembang Wana Wisata Sumber Semen memanfaatkan sumber air tersebut sebagai aliran untuk kolam renang.

Kolam renang yang tersedia masing-masing untuk dewasa dan anak-anak, dengan biaya masuk tergantung sesuai hari berkunjung. Rp7.500 untuk weekdays dan Rp9.500 untuk weekend. Selain berenang, kamu bisa bersantai dengan keluarga di gazebo yang tersedia di sana. Terdapat juga Gua Rambut yang ada di atas pemandian kolam dengan jarak sekitar 500 meter.

Wisata ini berjarak sekitar 6 km dari arah selatan Kecamatan Sale. Wana Wisata Sumber Semen sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Sebab adanya pemandangan yang memukau, pemandian dan tumbuhan hijau yang tersebar akan membuat kamu terasa menyatu dengan alam sekitar.

Selain itu, wisata ini juga bebas dari sampah dan masih terjamin asri. Sehingga hal tersebutlah yang membuat wisatawan menjadi nyaman dan betah berada di sana. Maka dari itu, yuk kunjungi dan rasakan kenyamanannya!

3. Bukit Cendana Candimulyo

(kredit gambar: instagram.com/bukit_cendana/).
LokasiBukit Pucak Candimulyo, Unnamed Road, Kebun, Candimulyo, Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis. Parkir Rp5.000.
Rute menuju tempat wisata dari kota Rembangjam 18 menit (44,7 km) lewat Jl. Pamotan dan Jl. Provinsi Lasem – Sale.
Fasilitas wisataCafe gunung, villa, spot foto millennial, camping ground, jasa sewa tenda, toilet, dan mushola.

Menjadi salah satu wisata baru di Rembang, untuk dapat sampai ke lokasi utama wisatawan harus menempuh jalan pedesaan. Meskipun begitu, akses jalan sudah diperbaiki dan bagus untuk kendaraan. Ketika sampai, maka kamu bisa langsung memarkirkan motor dan jalan kaki ke lokasi utamanya yang berjarak sekitar 15-20 menit.

Waktu yang sangat cocok untuk berkunjung adalah sore hari. Yakni sekitar jam 03.00-06.00 Di sana kamu bisa mendirikan tenda untuk agenda camping. Terdapat juga banyak warung, sehingga wisatawan tidak usah membawa makanan terlalu banyak. Selain itu, makanan dan minuman yang dijual pun harganya terjangkau.

Fasilitas yang tersedia juga sudah lengkap, salah satunya adalah spot foto keren untuk hasil foto yang aesthetic. Pihak bukit juga menyediakan villa bagi wisatawan yang ingin menginap dan menikmati pemandangan Bukit Cendala Candimulyo lebih lama lagi.

Untuk tiket masuk belum ada, kamu cukup membayar makanan maupun fasilitas seperti tenda, vila, dan lain-lain. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati sensasi alam yang menenangkan pikiran.

4. Pantai Karang Jahe

(kredit gambar: instagram.com/qonitazubaida/).
LokasiJl. Pantai Karang Jahe, Jetak Belah, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 05.00-19.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Rembang16 menit (9,8 km) lewat Jl. Kragan – Rembang – Surabaya/Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tuban – Semarang.
Fasilitas wisataWarung, mushola, toilet umum, wahana permainan, jasa sewa ATV, dan jasa sewa tikar.

Masuk ke dalam daftar pantai terindah di Jawa Tengah, Pantai Karang Jahe memiliki pemandangan yang memukau dengan pasir berwarna putih. Pantai ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun luar daerah. Hal tersebut karena pemandangannya yang sangat memanjakan mata. Selain itu, untuk masuk ke kawasan pantai wisatawan tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Namun, wisatawan tetap akan dikenakan biaya parkir kendaraan. Dengan biaya sebesar Rp5.000 untuk motor, Rp10.000 untuk mobil, dan Rp25.000-Rp50.000 untuk bus. Dengan akses jalan yang dapat ditempuh secara mudah, membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk berkunjung ke pantai ini.

Pantai Karang Jahe memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir dan laut berwarna biru, sehingga wisatawan akan semakin betah. Selain itu, berada di pantai ini akan terasa sangat sejuk karena banyaknya pohon rindang di sekitar pantai. Apalagi ditambah fasilitas yang tersedia sangat lengkap, pokoknya recommended!

Harga makanan dan minumannya juga terjangkau, ada jasa sewa tikar dan ATV  yang harganya standar. Jadi jika kamu ingin berlibur bersama keluarga, maka pantai ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Berbincang sambil memakan cemilan dan menikmati pemandangan pantai, tentu saja bisa membuat kekeluargaan semakin hangat.

5. Puncak Bukit Gading

(kredit gambar: instagram.com/vespa_rosshok/).
LokasiLadang, Dowan, Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Rembang53 menit (29,2 km) lewat Jl. Pamotan.
Fasilitas wisataWarung, mushola, toilet umum, camping ground, jasa sewa tenda, cafe and resto.

Bukit Gading adalah destinasi wisata yang ada di sebelah timur Desa Pakis. Lebih tepatnya di Gunem, Kabupaten Rembang. Belakangan ini, Bukit Gading sedang populer di kalangan wisatawan. Terutama bagi anak-anak remaja.

Secara umum, para wisatawan akan menghabiskan waktu di Bukit Gading dengan cara camping bersama. Selain itu, mereka akan menikmati sensasi dari pemandangan matahari saat sunrise maupun sunset di atas puncak bukit. Sehingga, mereka bisa dengan leluasa melihat keindahan alam yang tersedia di sana. Untuk harga tiket masuk Rp5.000 per orang dan sudah biaya parkir kendaraan.

Bukit Gading juga memiliki lokasi yang masih terbilang asri, jadi kami sarankan untuk datang saat musim tanam padi. Hal ini karena saat itu, kamu bisa dengan mudah melihat hamparan padi berwarna hijau yang sangat memesona.

Untuk aksesnya juga mudah untuk ditempuh, saat wisatawan akan menuju ke basecamp sudah tersedia rambu-rambu arahan. Jadi, para pengunjung tidak akan tersesat. Agar bisa mencapai basecamp, maka kamu bisa menggunakan motor atau jalan kaki saja. Sebab, jika membawa mobil, kamu harus menitipkannya di rumah warga setempat terlebih dahulu.

6. Waduk Lodan

(kredit gambar: instagram.com/dolan2men/).
LokasiSawah, Lodan Kulon, Kec. Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Rembang56 menit (34,6 km) lewat Jl. Pamotan.
Fasilitas wisataWarung, toilet umum, dan spot foto.

Waduk Lodan menjadi salah satu bendungan besar yang ada di Kabupaten Rembang dengan kualitas sumber mata air yang baik. Berlokasi di daerah yang subur dan berada di antara pegunungan, membuat Waduk Lodan memanjakan mata dengan pemandangan hijaunya.

Pada hari libur, biasanya banyak wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini. Mereka biasa berkunjung dengan orang terdekat untuk menikmati liburan bersama. Selain itu, Waduk Lodan juga masih digunakan sebagai tempat irigasi untuk menyediakan air bersih. Apalagi wisata ini juga sering dijadikan sebagai budidaya perikanan air tawar.

Jika datang ke tempat ini, kamu tidak perlu khawatir tentang urusan perut. Sebab, di Waduk Lodan sudah tersedia warung makan dengan berbagai menu yang menggugah selera makan. Apalagi dengan akses ke lokasi utama juga terbilang cukup mudah untuk ditempuh.

Kamu bisa menggunakan mobil pribadi maupun motor, tidak perlu khawatir tentang keamanan karena sudah ada tempat parkir yang tersedia. Meskipun tiket masuk gratis, namun kamu tetap akan dikenakan biaya parkir. Jika kamu tertarik, maka kamu bisa langsung mengunjunginya untuk menikmati wisata dengan keindahan yang memesona.

7. Pulau Gede

(kredit gambar: instagram.com/miqatsum_bijan26/).
LokasiPerairan Laut Jawa, Utara Ds. Tasikharjo, Kec. Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Rembang13 menit (7,4 km) lewat Jl. Panglima Sudirman/Jl. Raya Juwana – Rembang/Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tuban – Semarang.
Fasilitas wisataWarung, toilet umum, camping ground, dan spot foto.

Pulau Gede adalah sebuah pulau terpencil yang berada di perairan Laut Jawa bagian utara Kabupaten Rembang. Pulau ini tidak berpenghuni dan terletak 2 mil dari arah timur pulau Marongan. Sehingga bisa dikatakan hanya berjarak tidak lebih dari 5 km dari bibir pantai di kota Rembang

Memiliki pemandangan yang amazing, sehingga dapat memanjakan mata wisatawan. Dengan kesan yang sepi dan sunyi, dapat menghantarkan ketenangan bagi wisatawan yang sedang banyak pikiran. Suara deburan ombak di sana juga dapat memanjakan telinga kamu, agar bisa relax dalam menikmati keindahan pulau.

Jadi ketika kamu berkunjung, maka panorama yang indah siap menyambut. Dengan dilengkapi pasir putih halus, air laut biru yang jernih, dan sinar matahari bisa membuat kamu merasa lebih tenang. Selain itu, pulau ini masih minim pengunjung jadi membuat pulau masih terjaga keasliannya.

Untuk dapat menuju ke pulau, maka kamu harus mengaksesnya menggunakan kapal. Kamu bisa menyewa kapal milik nelayan dengan biaya kurang lebih Rp300.000 untuk perjalanan pergi dan pulang. Untuk jalur aksesnya, kamu bisa menggunakan jalur Pantai Pasir Putih Wates di Rembang.

Jika membahas mengenai wisata yang ada di Rempang memang sangat menarik. Hal ini karena destinasi yang ditawarkan tidak ada yang mengecewakan, sehingga wisatawan pun banyak yang berkunjung. Beberapa wisata alam yang kami rekomendasikan kepada kamu adalah yang terbaik, jangan lupa berkunjung dan rasakan liburan yang menyenangkan.

Bagaimana apakah kamu tertarik? Jika iya, pilihlah wisata yang kamu inginkan dan cek juga jadwal liburanmu. Pastikan untuk membawa pembekalan yang maksimal ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *